Tak Terbendung! Elektabilitas Ridwan Kamil Meroket Dua Kali Lipat

oleh -8.881 views
Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Terus Meroket Hingga Dua Kali Lipat (Sumber: IJS)
Bagikan:

JakartaElektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tercatat meroket dua kali lipat yang sebelumnya hanya 7 persen di bulan November 2020, saat ini elektabilitasnya mencapai 14,1 persen.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei dari IndEX Research yang mencatat Ridwan Kamil berada di jajaran atas, dibawah pemimpin sementara yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 20,4 persen.

Sementara posisi Ridwan berada diatas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menempati posisi ketiga dengan perolehan mencapai 13,5 persen.

Peneliti IndEX Research, Hendri Kurniawan mengatakan, meroketnya Ridwan Kamil cukup menarik karena pada hasil survei sebelumnya di bulan Mei dan November 2020, elektabilitasnya meningkat signifikan kali ini.

“Elektabilitas Ridwan Kamil terbilang stabil, namun meroketnya elektabilitas kali ini dipengaruhi oleh beberapa kebijakan yang ia keluarkan sebagai gubernur Jawa Barat,” ujar Hendri pada Senin (15/3/2021).

Hendri mengungkapkan, kandidat capres di Pilpres 2024 dari klaster kepala daerah perlu menjaga agar tingkat elektabilitas dan popularitasnya tetap stabil.

“Kepala daerah yang elektabilitasnya relatif stabil ini harus menjaga popularitas dengan terus membuat gebrakan program yang bagus sehingga mereka punya ruang pemberitaan positif,” katanya.

Hendri juga menyinggung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengalami fenomena peningkatan elektabilitas cukup signifikan.

“Nah, dalam kasus AHY ini juga menarik. Ia meroket ke posisi empat dengan perolehan 7 persen berkat kisruh kudeta dalam tubuh Partai Demokrat, padahal sebelum kudeta, elektabilitasnya relatif dibawah,” pungkasnya.

(HMD/IJS)

BACA JUGA :  PBB Buka Lebar Peluang Perempuan Non-Muslim Gabung Partai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *