Partai Ummat Berhasil Susul Elektabilitas PAN

oleh -10.868 views
Logo Partai Ummat (Istimewa)
Bagikan:

Jakarta – Elektabilitas Partai Ummat menunjukkan peningkatan melampaui Partai Amanat Nasional (PAN) berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Y-Publica.

Hasil survei tersebut mencatatkan Partai Ummat berada di peringkat 10 dengan elektabilitas sebesar 1,2 persen, atau 0,2 persen lebih unggul dari perolehan PAN.

Survei tersebut dilakukan pada 5-15 Februari 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, Partai besutan Amien Rais ini berada di paling bawah klasemen survei elektabilitas dengan perolehan 0,0 persen atau di posisi paling buncit berdasarkan rilis Lembaga Survei Indonesia.

Menurut Nazaruddin, salah satu loyalis Amien Rais mengatakan, hasil survei ini merupakan awal yang menjanjikan untuk partai yang belum dideklarasikan.

Hasil survei Y-Publica terkait elektabilitas partai politik sendiri mencatatkan PDIP masih di posisi tertinggi dengan perolehan 23,4 persen, disusul Gerindra 12,1 persen.

Sementara tiga parpol lama, seperti PBB, PKPI, dan Partai Garuda tidak mendapat dukungan sama sekali. Partai yang baru muncul seperti Partai Gelora yang mendapatkan 0,2 persen.

Sedangkan, Partai Masyumi belum mendapat dukungan. Sebanyak 19,4 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

(HMD/IJS)

BACA JUGA :  Laporan UU ITE di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *